d. Aneka Rupa

bakosCara Membuat Bakso Urat dan Resepnya – “Bakso bulat seperti bola Pimpong, kalau marah digigit anjing ompong”, lirik lagu abang tukang bakso pada tahun 90-an, menegaskan bahwa Bakso merupakan salah satu makanan yang populer di tengah masyarakat Indonesia.Bakso hampir dapat kita jumpai diseluruh Indonesia, mulai dari tukang bakso dorong, sampai dengan Bakso yang dijual di Restoran kelas dunia. Bakso sendri banyak jenisnya, mulai dari bakso urat, daging sapi, ayam, udang, dll.

Populernya makanan Bakso tidak lepas dari rasa Bakso yang enak dan lezat, nah untuk itu kami akan membagi resep dan cara membuat bakso yang enak serta beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membuat Bakso. dalam hal ini kami sajikan adalah bakso urat.

Resep Membuat Bakso Urat :

200 gram daging sapi berurat, potong kasar
50 gram es batu, pecahkan kasar
50 gram tepung tapiokaBumbu Membuat Bakso Urat:

1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh garam halusMembuat Kuah Bakso Urat :

1.000 ml air
1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
1,5 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
1 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
1 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya

Pelengkap:

1 batang daun bawang, iris halus
Saus sambal
Saus tomat
Kecap manis
Sambal rawit goreng

Cara membuat Bakso Urat:

Masukkan daging, es batu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam halus dalam food processor, proses hingga halus.

Tambahkan tepung tapioka, proses kembali hingga tercampur rata.

Letakkan adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok.

Masukkan bulatan bakso pada air panas, lakukan hingga adonan habis. Masak dengan api kecil hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan.

Setelah memilih bahan yang tepat, keberhasilan membuat bakso juga tergantung pada kesuksesan membuat adonan dan merebus bakso. Berikut ini kiatnya:

Sebelum memulai membuat bakso, timbanglah bahan dengan tepat. Es batu digunakan untuk menjaga suhu daging agar daging tidak matang karena panas food processor. Es batu juga untuk menjaga kekenyalan bakso.

Untuk membentuk bulatan bakso dapat digunakan mesin pembuat bakso. Namun, Anda juga dapat membuatnya secara manual yaitu dengan bantuan tangan.

Setelah bulatan bakso jadi, masukkan ke dalam air panas yang tidak mendidih dan api tidak menyala. Setelah proses pembuatan adonan selesai, baru direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung. Angkat lalu tiriskan.

Jangan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.

Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah tertutup.

Sajikan bakso urat dengan kuah dan pelengkapnya.

Berikut Beberapa Tips membuat Bakso yang perlu diperhatikan.

Membuat bakso sapi

Pilih daging sapi berkualitas terbaik, yaitu daging sapi berwarna merah segar, bertekstur baik atau jika ditekan dengan telunjuk, tekstur daging kembali seperti semula, serta tidak banyak mengandung darah dan air.

Jangan menggunakan daging sapi yang telah disimpan dalam freezer, normalkan terlebih dahulu ke suhu kamar atau es sudah meleleh.

Setelah ditiriskan hingga tidak ada air atau sisa darah, baru siap digunakan. Namun, tetap saja kualitas bakso dari daging beku tidak sebaik daging segar.

Membuat Bakso daging ayam

Gunakan daging yang sudah dipisahkan kulit dan tulangnya (fillet). Gunakan ayam yang masih segar dengan kualitas prima. Biasanya, yang digunakan jenis ayam negeri karena mempunya daing yang tebal dan empuk. Meski demikian, tidak tertutup kemunginan jika Anda menggunakan daging ayam kampung.

Membuat Bakso ikan

Gunakan ikan yang punya daging putih seperti tenggiri dan ikan kakap. Sebelum digunakan, pisahkan daging ikan dari durinya. Gunakan ikan yang masih segar.

Membuat Bakso udang

Gunakan udang yang punya kulit dan daging berwarna putih, seperti jenis udang peci. Sebelum digunakan, buang kepala, kulit, dan serat tipis yang ada di punggungnya.

Demikianlah Informasi cara membuat bakso urat yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimkasih.

Cara Membuat Donat di Rumah

Advertisements

 

Tahukah anda cara membuat donat? Jika anda tidak mengetahuinya sangat tepat bila anda mampir disini untuk mengetahui apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat donat tersebut.

Bagi yang sering membuat kue, tentu membuat donat merupakan pekerjaan yang mudah. Lalu bagaimana jika anda adalah orag yang tidak bisa membuat kue? Hal yang paling mudah untuk di kerjakan adalah langsung membeli donat pada penjualnya.

Namun ada beberapa masalah tentang rasa dan kebersihan pada donat yang di jual, rasanya kurang matang atau kurang manis bahkan anda tidak begitu percaya dengan kebersihan dan keaslian bahan yang digunakan. Maka dari itu anda sebaiknya belajar membuat donat untuk dinikmati sendiri. Tidak hanya di Indonesia, namun di negara-negara besar pun donat juga menjadi makanan yang populer. Dengan bentuknya yang khas dan berbeda dari kue yang lain membuat donat memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya.

cara membuat donatImage courtesy of Stuart Miles / FreeDigitalPhotos.net

Cara membuat donat untuk anda yang ingin membuatnya dirumah akan beberkan di bawah ini :

Alat yang perlu anda disediakan :
1. Cetakan kue donat
2. Wajan, kalau ada yang anti lengket
3. Penggilingan
4. Wadah atau bakul
5. Mixer untuk mengaduk adonan

Bahan yang perlu anda siapkan :
1. Gula pasir
2. Tepung terigu
3. Telur, pisahkan kuning dan putihnya
4. Pengembang kue
5. Garam halus
6. Minyak goreng
7. Topping untuk menghias donat.

Langkah-langkah pada cara membuat donat yang harus anda lakukan dari awal :
1. Membuat adonan. Anda bisa memakai tepung yang halus untuk bahan dasar adonan, hindari menggunakan tepung yang bergerindil karena akan membuat donat tidak matang secara keseluruhan.
2. Setelah adonan selesai, saatnya untuk melakukan pengulenan. Gunakan mixer untuk mendapatkan hasil yang merata dan mempersingkat waktu anda.
3. Setelah merata, tuangkan pada bakul atau baskom kemudian tutup rapat sampai 25 menit.
4. Setelah itu gunakan penggilingan untuk menipiskan adonan sesuai dengan yang anda inginkan.
5. Lalu cetak adonan tersebut sesuai bentuk donat (lingkaran dengan lubang di tengahnya)
6. Setelah tercetak, silahkan anda goreng pada minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Segera angkat bila donat sudah matang, jangan sampai donat tersebut berwarna hitam karena terlalu lama pada penggorengan.
7. Untuk topping nya anda bisa menggunakan meses atau coklat cair yang akan di taburkan pada atas kue donat.

Demikian langkah cara membuat donat sendiri di rumah yang bisa anda coba praktekkan.

Resep Untuk Membuat Klepon

Resep Untuk Membuat Klepon —Khusus untuk pecinta makanan klepon, berikut ini adalah Resep Untuk Membuat Klepon yang bisa kamu coba untuk melengkapi sajian cemilan kamu dikala senggang. Inilah resepnya:
Klepon
Bahan Klepon

  • 300 gram tepung ketan
  • 100 ml air daun suji
  • 1 sendok teh air kapur sirih
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 liter air
  • 150 gram gula merah, sisir halus
  • 250 gram kelapa muda parut, kukus
  • 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Klepon

  1. Campur tepung ketan, air daun suji, air kapur sirih, dan garam. Aduk hingga kalis.
  2. Ambil 1 sendok teh adonan, isi dengan gula merah, bentuk bulat. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Angkat.
  3. Gulingkan klepon di atas kelapa parut. Sajikan.

Demikianlah Resep Untuk Membuat Klepon pada kesempatan kali ini. Baca dan praktekkan juga resep kue dan cemilan jajanan tradisional sebelumnya tentang Cara Membuat Kue Cucur. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s